Jumat, 19 Agustus 2016

Permainan Kimia - Tulisan Ajaib

 https://d3njjcbhbojbot.cloudfront.net/api/utilities/v1/imageproxy/https://coursera-course-photos.s3.amazonaws.com/fa/6926005ea411e490ff8d4c5d4ff426/chemistry_logo.png
Permainan kimia, wah kedengarannya asyik tuh. Tentu bagi kita terutama kaula muda mendengar kata kimia itu sulit, ribet bahkan ada yang menyebutkan 'berbahaya'. Wah itu sama sekali gak bener ya kawan-kawan, kimia itu mudah kok dan sangat erat sekali dengan kehidupan kita. Nah kali ini admin akan memberikan beberapa permainan yang berhubungan dengan kimia, agar kita semakin akrab yah dengan kimia.Cara melakukanya mudah kok, asalkan kita mau berusaha. Permainan kimia yang akan admin kasih tahu sekarang ialah mengenai 'tulisan ajaib'. Wih kedengeranya kaya ada magic-magic nya gitu yah, hehe. 

oke langsung saja yang pertama kalian harus siapkan alat dan bahannya dulu yah :
1. Kertas putih (ukuran bebas)
2. Botol semprot bekas
3. Kuas untuk melukis
4. Larutan NaOH 1M 50 ml
5. Indikator fenolftalein (PP) 1% 50 ml

Oke sekarang ke cara kerjanya :
1.Masukan larutan fenolftalein 1% kedalam botol semprot
2.Masukan larutan NaOH 1 M ke dalam suatu wadah
3.Buatlah tulisan yang diinginkan pada kertas tersebut dengan menggunakan kuas yang telah dicelupkan ke dalam larutan NaOH
4.Semprotkan larutan fenolftalein tersebut ke kertas yang telah ditulis

http://image.ec21.com/image/janeylau/OF0010743464_1/Sell_Caustic_Soda_96_Flake.jpg

dan hasilnya .... ternyata kertas yang semula putih ketika disemprotkan warnanya berubah menjadi merah sesuai tulisan yang kalian buat. Wah hebatkan? Nah tentu saja ini berhubungan dengan prinsip kimia yakni asam basa. Karena larutan NaOH bersifat basa maka ketika ditetesi atau disemprot larutan fenolftalein maka warnanya akan berubah yang semula tidak berwarna menjadi warna merah. Hal ini terjadi disebabkan larutan fenoftalein merupakan indikator basa. Oke sekian dulu dari admin, sampai jumpa lagi di permainan selanjutnya, semoga bermanfaat!

*NaOH disebut juga soda api, hati-hati dalam menggunakannya, jika ada dalam bentuk padatan, maka dibuat larutannya dulu.

0 komentar:

Posting Komentar