Sabtu, 20 Agustus 2016

Permainan Kimia - Putih Telur Persahabatan

 https://lh4.ggpht.com/6Mm0IhzcZmRWRQSjkBWz6YHrx646oDg0SmUmxXqnxtU-LdtptLvxAHjXx7Y-QyaeUBA=h900
Pada postingan kedua mengenai permainan kimia ini (baca juga : Permainan kimia - Tulisan Ajaib) admin akan memberikan permainan kimia yang berjudul putih telur persahabatan. Wah kedengerannya aneh juga ya, tapi jangan salah sangka dulu gan, persahabatan disini maksudnya membuat minyak dan air menjadi satu. Kita tahu kan bahwasannya air dan minyak itu akan memisah dan tidak bercampur jika disatukan, nah kali ini admin ingin membuat mereka menyatu, begitu kurang lebihnya. Pada dasarnya prinsip air dengan minyak tidak menyatu ialah karena sifat ikatan molekul yang dimiliki. Ikatan molekul disini bisa berupa ikatan intramolekul dan juga antar molekul. Karena air memiliki ikatan kovalen polar dan minyak memiliki ikatan kovalen nonpolar, mereka tidak dapat menyatu karena gaya interaksi molekulnya berbeda. Disamping itu, adanya ikatan hidrogen pada air menjadikannya mereka sulit untuk bersatu. Karena inilah admin ingin mencoba menyiasati untuk mempersatukan mereka, dengan cara menambahkannya dengan putih telur. 

Oke kita langsung saja ke alat dan bahannya terlebih dahulu :
1. Botol bening bekas
2. Gelas
3. Telur
4. Minyak sayur
5.Air

Dan untuk cara kerjannya :
1. Tuangkan air dan minyak sayur tersebut ke dalam botol, lalu kocok botol tersebut dengan ditutup
2. Pisahkan putih telur tersebut pada gelas yang telah disediakan
3. Tambahkan putih telur ke dalam botol lalu kocok kembali
4. Amati apa yang terjadi pada botol tersebut

http://2.bp.blogspot.com/-8BJDLV-O29Y/VK4DYrMcwVI/AAAAAAAABmw/e72b3pz5smY/s1600/5866649202_1092de1c0a_z.jpg

Dari percobaan pertama kita melihat bahwasannya ketika air dan minyak sayur dicampur mereka tidak dapat menyatu bahkan setelah dikocok. Air berada di posisi bawah karena memiliki massa jenis atau kerapatan setiap molekul-molekulnya yang lebih besar dengan minyak sehingga membuat minyak mengapung diatas air. Setelah putih telur ditambahkan ke dalam campuran tersebut, air dan minyak menjadi satu namun warna yang dihasilkan menjadi kuning keruh, karena konsentrasi minyaknya berkurang sehingga kepekatan warnanya pun ikut berkurang. Putih telur disini berperan sebagai emulgator. Emulgator adalah zat yang digunakan untuk memudahkan pembuatan emulsi dan menstabilkan emulsi itu. Jadi air dan minyak tersebut membentuk emulsi setelah ditambahkannya putih telur. Materi ini dapat kalian pelajari di bab koloid. 

Oke sekian dulu ya dari admin, mudahkan permainannya? kenapa admin sebut ini permainan bukan percobaan, karena admin ingin hal seperti ini menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang, biasannya jika mendengar kata "permainan" yang terpikir pasti akan membuat mereka terhibur dan lebih antusias untuk mengikutinnya. Jika ingin lebih menarik lagi, kalian bisa sebut ini sebagai magic, karena membuat orang lain penasaran sehingga rasa ingin tahu mereka lebih besar. Sampai ketemu lagi di postingan permainan kimia berikutnya, mudah-mudahan bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar