Senin, 22 Agustus 2016

Permainan Kimia - Cangkang Telur Yang Sirna

http://ciricara.com/wp-content/uploads/2013/03/27/Telur-Rebus.jpg 
Pada postingan ketiga mengenai permainan kimia ini, admin akan memberikan permainan kimia yang tak kalah seru dengan postingan sebelumnya. (Lihat juga : Permainan Kimia - Putih Telur Persahabatan) Kali ini admin akan membuat cangkang telur habis ditelan air. Wah serem juga ya, Percobaan ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena menggunakan bahan yang cukup berbahaya dan sifatnya korosif. Dianjurkan pada percobaan ini harus menggunakan sarung tangan.

Oke langsung aja ke alat dan bahan yang harus disiapkan :
1. Gelas/Wadah yang terbuat dari kaca
2. Larutan HCl 5M (bisa juga dalam konsentrasi yang lebih rendah namun prosesnya cukup lama)
3. Telur 

Cara kerjanya :
1. Masukkan telur ke dalam wadah yang disiapkan
2. Tambahkan larutan asam klorida tadi ke dalam wadah sampai telur terendam
3. Tunggu beberapa saat dan amati apa yang terjadi pada telur

Kenapa itu bisa terjadi?
Asam klorida tersebut membuat kulit telur menjadi larut dan membuat larutan menjadi bergelembung. Hal itu menunjukkan bahwa ada gas CO2 yang dihasilkan. Asam klorida bersifat korosif sehingga apabila benda terkena larutan tersebut maka akan rusak/hancur. Hal ini terjadi juga pada lambung kita, dimana asam klorida dalam lambung membuat makanan menjadi semakin hancur membentuk kimus (bubur). 

Untuk variasi dari bahan yang digunakan, anda bisa menggunakan larutan cuka sebagai pengganti asam klorida. Harap diperhatikan selama percobaan, jangan sampai larutan asam yang digunakan mengenai tangan kita, karena dapat membuat tangan kita iritasi dan mengepuh. Sekian dulu dari admin semoga bermanfaat, tunggu postingan permainan kimia berikutnya!

0 komentar:

Posting Komentar