Senin, 22 Agustus 2016

Permainan Kimia - Batu Reaktif

Postingan kali ini admin akan memberikan permainan yang cukup ekstrim karena mengandung unsur ledakan (Tenang saja, karena bahan yang digunakan tidak terlalu banyak dan akan dibimbing secara aman). Batu reaktif, begitulah nama permainannya. Reaktif tersebut maksudnya batu akan dengan cepat meledak jika terkena air (yang kita tahu batu akan tenggelam jika dilempar ke air tapi ini malah meledak woow). Batu apakah itu?

A. langsung aja ke alat bahan :
1. Wadah/ Gelas Kimia
2. Cutter
3. Kertas (bisa juga gunakan kertas saring)
4. wadah kaca kecil
5. Pinset
6. Logam Natrium (bisa juga menggunakan logam golongan IA yang lain, tapi saya sarankan litium & kalium)
7. Air

B. Cara Kerja :
1. Tuangkan air ke dalam wadah kaca 
2. Iris terlebih dahulu logam natrium yang telah kalian siapkan, ukurannya kurang lebih sebesar biji    jagung. Hati-hati dalam mengirisnya jangan sampai logam natrium dipegang oleh tangan! karena berbahaya! gunakanlah pinset untuk memegang logam tersebut
3. Bentuk kertas saring mirip seperti kerucut, dan sentuhkan bagian sudut kerucut tersebut dengan permukaan air
4. Masukkan logam natrium tersebut secara perlahan, jangan sekaligus karena akan membuat percikan api dari ledakan
5. Jika anda ingin melihat ledakanya secara jelas, maka langsung masukkan logam natirum ke dalam gelas, ingat tangan jangan terlalu dekat (percobaan ini harus menggunakan logam natrium yang telah dipotong semakin kecil)

Apa yang terjadi?
Logam natrium atau logam dari golongan IA jika dimasukkan ke dalam air akan sangat reaktif, hal ini berhubungan dengan energi ionisasinya yang rendah dibanding dengan golongan lain dalam SPU. Energi ionisasi yang rendah tersebut memungkinkan 1 elektron valensi lepas dari kulit terluar, yang ditandai dengan adanya ledakan tersebut. Ledakan juga bisa disebabkan karena reaksinya bersifat eksoterm karena melepaskan panas. Dengan segera, ketika logam natrium dimasukkan ke dalam air, maka Ion natrium yang terbentuk dari lepasnya elektron tersebut bergabung dengan ion OH- pada air sehingga membentuk basa NaOH. (anda bisa juga memberikan variasi dalam air dengan ditambahkan larutan PP 1% untuk indikator basa). Setelah terjadi ledakan maka akan timbul asap putih yang cukup berbahaya, karena asap itu merupakan asap dari gas hidrogen yang terbentuk selama proses reaksi berlangsung.  

Sekian dulu dari admin, selalu hati-hati dalam melakukan setiap percobaan, semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar